Tanggapan Gempabumi Kabupaten Lumajang 4.9 Sr - 8 Februari 2017

TANGGAPAN GEMPABUMI KABUPATEN LUMAJANG
4.9 SR - 8 FEBRUARI 2017

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di Samudera Hindia, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Tanggapan dibuat berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan analisis dari PVMBG, adalah sebagai berikut:

1. Informasi Umum:

Gempa bumi terjadi pada tanggal 8 Februari 2017, pukul 00:21:49 WIB berjarak 126 km barat daya dari Kab. Lumajang, dengan informasi sebagai berikut:
• BMKG: pusat gempa bumi berada pada koordinat 8.52°LS dan 113.11°BT dengan magnitudo 4.9 SR pada kedalaman 126 km.
• USGS: pusat gempa bumi berada pada koordinat 8.462°LS dan 113.080°BT dengan magnitudo 5.2 Mw pada kedalaman 143.5 km.
• GFZ: pusat gempa bumi berada pada koordinat 8.60°LS dan 113.07°BT dengan magnitudo 4.7 Mw pada kedalaman 144 km.

LUMAJANG

 

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi:
Gempa bumi melanda wilayah selatan pantai Jawa Timur. Wilayah tersebut pada umumnya disusun oleh batuan berumur Tersier (batuan sedimen, batuan gunungapi dan endapan Kuarter berupa endapan aluvial pantai, aluvial sungai dan batuan gunungapi muda. Batuan berumur Tersier sebagian telah mengalami pelapukan. Batuan yang telah mengalami pelapukan dan batuan berumur Kuarter tersebut bersifat urai, lepas, belum kompak sehingga bersifat memperkuat efek guncangan gempabumi.


3. Dampak gempa bumi:
Menurut BMKG, guncangan di rasakan sebesar III MMI di Malang, Jember, Blitar, Trenggalek, Nusa Dua dan Tabanan. Sedangkan Kuta merasakan guncangan gempa bumi ini sebesar II MMI. Hingga laporan ini dibuat, tidak ada laporan mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat goncangan gempa bumi ini.


4. Penyebab gempa bumi:
Berdasarkan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia, pada zona Benioff. Gempa bumi ini memiliki mekanisme sesar turun dengan Strike 273, Dip 74, dan Rake 102 berdasarkan mekanisme fokal dari GFZ Potsdam.


5. Rekomendasi:
• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.
• Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun gempa bumi berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu terjadinya tsunami.