Tanggapan Gempa Bumi Di Barat Laut Kepulauan Sangihe, 29 April 2017

UPDATE TANGGAPAN GEMPA BUMI DI BARAT LAUT KEPULAUAN SANGIHE, 29 APRIL 2017
Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan Gempa Bumi di Barat Laut Kep. Sangihe, Sulawesi Utara berdasarkan informasi dari berbagai sumber sebagai berikut :

1. Kejadian gempa bumi
Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, 29 April 2017, pukul 03:23:17 WIB. Menurut BMKG, gempabumi mempunyai magnituda 7.3 SR dan berada pada koordinat 5,49 °LU dan 125,14° BT, pada kedalaman 48 km dan 210 km baratlaut Kepulauan  Sangihe,  Sulawesi Utara.BMKG mengupdate magnituda menjadi 6.8 Mw.
PETA LOKASI GEMPA BUMI 29 APRIL 2017+FC

2. Kondisi Geologi Daerah Terdekat
Beberapa pulau yang berada pada radius episenter, memiliki susunan batuan yang berumur Pra Tersier, Tersier hingga Kuarter, yang tersusun oleh batuan gunung api, sedimen dan karbonat. Di sepanjang pantai dan di daerah aliran sungai, tersusun oleh endapan aluvium yang berumur Resen dengan sifat batuan lepas dan tidak terkonsolidasi, yang dapat memperkuat efek goncangan gempa bumi.

3. Dampak Gempa bumi
Goncangan gempa bumi ini dirasakan di Kep. Sangihe Sulawesi Utara dengan Skala IV MMI. Sampai laporan ini dibuat belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat guncangan gempa bumi ini. BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Kalimantan Timur. Namun BMKG sudah menyatakan peringatan dini tsunami sudah dicabut.

4. Penyebab Gempa bumi
Berdasarkan posisi dan kedalamannya gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas sesar naik Cotabato berarah barat laut - tenggara. 

5. Rekomendasi
- Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari     petugas BPBD. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami
-Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.
- Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami. BMKG telah mencabut peringatan dini tsunami.