Tanggapan Gempabumi Poso - 5,2 Sr - 3 November 2017

TANGGAPAN GEMPABUMI POSO 5,2 SR - 3 NOVEMBER 2017

  
Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di barat laut Poso, Sulawesi Tengah. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber dan analisis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, sebagai berikut:
I. Informasi Gempa Bumi
Gempa bumi terjadi pada hari Jumat, 3 November  2017, pukul 00:02:17 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,26°LS dan 120,40° BT dengan magnitudo 5,2 SR pada kedalaman 10 km berjarak 42 km barat laut Poso, Sulawesi Tengah. Sedangkan berdasarkan informasi dari USGS, pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,255°LS dan 120,574° BT dengan magnitudo 5,1 M pada kedalaman 10 km.

 

gempa poso

 

II. Kondisi Geologi Daerah Terdekat
Pusat gempa bumi berada di darat di wilayah Poso. Daerah di sekitar pusat gempa bumi didominasi oleh batuan malihan berumur Pra Tersier & batuan terobosan berumur Tersier yang rekatif solid dan resistan. Daerah Poso sendiri tersusun oleh Batuan karbonat berumur Tersier dan endapan Kuarter yang telah mengalami pelapukan bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rawan terhadap goncangan gempa bumi.
III. Penyebab Gempa Bumi
Berdasarkan posisi sumber gempa bumi dan kedalamannya, kemungkinan gempa bumi ini berasosiasi dengan aktivitas pensesaran aktif di daerah Poso yang berarah Utara-Selatan.

IV. Dampak gempa bumi
Intensitas guncangan gempa bumi terbesar akan dirasakan di wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi yaitu wilayah Poso, kemudian intensitasnya semakin melemah seiring bertambahnya jarak dengan pusat gempa bumi. Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena  pusat gempa bumi berada di darat.

V. Rekomendasi
  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.