Tanggapan Gempa Bumi Donggala M7,7, Sulawasi Tengah, 28 September 2018

1. Informasi Umum

 Telah terjadi gempabumi utama dengan kekuatan M7,7 pada tanggal 28 September 2018, pukul 17:02:44 WIB, dengan episenter pada koordinat 119,85oBT; 0,18oLS, dan kedalaman 10 km, yang diawali dengan kejadian gempabumi awal dan diikuti oleh serangkaian kejadian gempabumi susulan di daerah Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. 

2.Kondisi geologi daerah terkena gempabumi

Goncangan gempabumi melanda daerah Kabupaten Donggala. Wilayah di sekitar pusat gempabumi pada umumnya disusun oleh batuan berumur pra Tersier, Tersier dan Kuarter.  Batuan berumur pra Tersier dan Tersier tersebut sebagian telah mengalami pelapukan. Batuan berumur pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan dan endapan Kuarter tersebut pada umumnya bersifat urai, lepas, lunak, belum kompak (unconsolidated), bersifat memperkuat efek goncangan gempabumi, sehingga rawan terhadap goncangan gempabumi.

3. Penyebab gempabumi

Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempabumi, maka kejadian gempabumi tersebut  disebabkan oleh aktivitas sesar aktif pada zona sesar Palu-Koro yang berarah baratlaut – tenggara.  

4.Dampak gempabumi

Hingga tanggapan ini dibuat kejadian gempabumi tersebut mengakibatkan 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka, dan kerusakan bangunan di Kecamatan Sinreja, Kabupaten Donggala. Berdasarkan data BMKG goncangan gempabumi terasa di Donggala pada skala VIII MMI (Modified Mercalli Intensity). Kejadian gempabumi ini menimbulkan tsunami dan peringatan dini tsunami telah dicabut oleh BMKG. 

5.Rekomendasi:

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.•
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang energinya lebih kecil dari kejadian gempabumi utama.

Tim Tanggap Darurat (TTD) Badan Geologi (BG) akan segera diberangkatkan ke lokasi bencana.

 

Donggala 280918