Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Tanggal 9 Juni 2019 Di Tenggara Nusa Dua, Bali

nusa dua
Laporan tanggapan kejadian gempa bumi di Tenggara Nusa Dua, Bali, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG (Jakarta) GFZ (Jerman), dan USGS (AS) serta Analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi sebagai berikut:

I. Informasi Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Minggu tanggal 9 Juni 2019, pukul 16:47:40 WIB. Berdasarkan informasi dari  BMKG  pusat gempa bumi berada pada Kordinat 11,75° LS  dan 115,66° BT, dengan magnitudo 5,2 pada Kedalaman 10 Km, berjarak 331 Km Tenggara Nusa Dua, Bali. Menurut informasi GFZ, pusat gempa bumi berada pada Kordinat 11,76° LS  dan 115,66° BT, dengan magnitudo M 5,2 pada Kedalaman 10 Km. Sedangkan berdasarkan informasi USGS, pusat gempa bumi berada pada Kordinat 11,535° LS  dan 115,655° BT, dengan magnitudo M 4,9 pada Kedalaman 10 Km. 

II. Kondisi Geologi Daerah Terkena Gempa Bumi

Pusat gempa bumi ini berada di laut, daerah terdekat pusat gempa bumi tersusun oleh batuan karbonat berumur Tersier dan batuan gunungapi berumur Kuarter. Pada batuan yang telah mengalami pelapukan, belum kompak dan bersifat lepas akan memperkuat efek goncangan gempa sehingga akan lebih dirasakan.

III. Penyebab Gempa Bumi

Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempa bumi, berada di outer rise, di luar sistem zona subduksi.

IV. Dampak Gempa Bumi

Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban yang diakibatkan gempa bumi ini.Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena meskipun lokasinya berada di laut, namun tidak terjadi deformasi dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

V. Rekomendasi

(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.

(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.