Pemeriksaan Sementara Sumur Amblas Di Desa Manggis Kec. Puncu Kab. Kediri Tgl 25 April 2017

puncu kediri 2

Gejala Awal1. Sering turun hujan gerimis-lebat dua minggu sebelum kejadian, Tanggal 25 April 2017.2. Sebelum amblas sering terdengar suara gemuruh di bawah tanah. Beberapa hari kemudian tiga sumur penduduk amblas, kemudian diikuti ablasnya beberapa sumur lagi sehingga total menjadi 17 sumur penduduk.


Dampak1. Hampir semua sumur airnya keruh, yg sebelumnya air jernih.2. Terjadi di dua dusun yang berderet memanjang dari atas ke bawah dan kelihatan pola sumur yang amblas dalam satu pola aliran mengikuti arah Puncak Kelut kearah lereng.3. Tinggi muka air sumur ke dasar yg sebelumnya 18 m sekarang menjadi  2-5 m.4. Rata-rata amblasan sumur: luas 4x5 m2 dan kedalaman 3 m.


Mekanisme AmblasanMekanisne peristiwa di atas di sebut Sinkhole. Biasanya terjadi di daerah kapur yg gampang tererosi oleh air hujan dan membentuk gua2 bawah tanah. Tapi endapan di bawah Desa Puncu ini terbentuk oleh endapan jatuhan pasir hasil erupsi Gunungapi Kelud di masa lalu. Endapan pasir ini belum kompak benar yg mana gampang meloloskan air. Dan muka air tanah di sini mengalami penurunan secara cepat akibat pengambilan air sumur atau  oleh karena air tanah itu sendiri mengalir ke bawah ke daerah yg lebih rendah secara gravitasi. Penurunan muka air tanah mengakibatkan penurunan daya dukung tanah dan  mengkibatkan amblas ke bawah.
Mitigasinya1. Biarkan amblesan berlanjut karena proses menuju kestabilan baru.2. Jangan menguras sumur krn ditakutkan ada amblasan susulan. Sebaiknya sumur yang amblas segera diurug/ditutup kembali.3. Menggunakan air untuk keperluan mandi cuci kakus dari sumber lain seperti dari mata air yang bersumber lebih di hulu atau dari kali terdekat.

puncu kediri 1 

Oleh:Khoirul Huda-Pengamat Kelud dlm rangka mendampingi peneriksaan BPBD Kediri.