Laporan Singkat Hasil Pemeriksaan Lokasi Calon Pabrik Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Laporan singkat hasil pemeriksaan lokasi calon pabrik di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, berdasarkan surat permintaan dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu, Garut No. 213/1013/Dpmpt/2017, tanggal 16 November 2017, sebagai berikut:

1. Lokasi dan waktu kejadian:

Lokasi pemeriksaan berada di Kampung Tutugan, Desa Haruman, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Secara geografis berada pada koordinat 107° 53' 39,94" BT dan 07°7' 17,75" LS. Lokasi pemeriksaan berupa kebun campuran yang akan dijadikan sebagai pabrik konveksi.

 

2. Kondisi lokasi pemeriksaan :
  • Secara umum topografi di sekitar lokasi pemeriksaan berupa dataran dan perbukitan dengan ketinggian 760 dpl dengan kemiringan landai. Kelerengan pada lokasi secara umum < 8°.
  • Berdasarkan Peta Geologi Lembar Garut, Jawa Barat (Samodra, dkk, 1992) batuan penyusun di daerah bencana terdiri dari Konglomerat aneka bahan, batupasir, batulamau, batugamping, batulempung, napal pasiran, batupasir batuapung, bersisipan breksi gunungapi, lava dan tuff, serta batupasir gampingan, batupasir tufan, batulanau gampingan, batugamping tufan, napal pasir dan napal tufan.
  • Berdasarkan Peta Prakiraan Potensi Terjadi Gerakan Tanah pada Bulan Desember 2017 di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat (Badan Geologi), daerah bencana termasuk zona potensi terjadi gerakan tanah menengah-tinggi. Pada zona menengah, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Pada zona tinggi, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

 

3. Rekomendasi
  • Masyarakat dan pihak pengelola agar lebih waspada terutama jika terjadi hujan deras yang berlangsung lama, apabila mulai terjadi retakan agar melapor dan menjauhi zona retakan.
  • Meningkatkan kewaspadaan pada waktu hujan deras dengan durasi lama terutama permukiman yang berada disekitar lokasi.
  • Menata saluran air yang berasal dari mata air dengan bahan yang kedap untuk mengurangi resapan air ke dalam batuan dasar.
  • Membuat saluran drainase yang kedap air yang dialirkan langsung ke sungai untuk mengalirkan limpasan air permukaan.
  • Lokasi pemeriksaan layak untuk dijadikan lahan pabrik konveksi dan aman dari bencana gerakan tanah.
  • Jika dilakukan penimbunan/urugan, harap memperhatikan kaidah keteknikan bangunan pada tanah timbunan.
  • Pembangunan di area ini harap menyesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Garut.

 

LAMPIRAN

 

Leles 1 (090118)

Gambar 1 Peta petunjuk lokasi pemeriksaan di Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

 

Leles 2 (090118)

Gambar 2 Peta geologi Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

 

Leles 3 (090118)

Gambar 3 Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Kabupaten Garut

 

Leles 4 (090118)

Foto 1. Tata guna lahan berupa kebun campuran di Dusun Cipelah, Desa Tambakbaya, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

 

Leles 5 (090118)

Foto 2. Jalan masuk ke lahan yg akan dijadikan pabrik konveksi

 

Leles 6 (090118)

Foto 3. Kelerengan yang relatif landai yang layak digunakan sebagai bakal lahan pabrik.