Sosialisasi Daerah Rawan Bencana Bagi Pemangku Kepentingan Penanggulangan Bencana Se Kabupaten Banjarnegara

banjarnegara sosialisasi2

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi di undang sebagai narasumber dalam acara sosialisasi daerah rawan bencana bagi pemangku kepentingan penanggulangan bencana se Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 10 April 2018 di Pendopo Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah, dihadiri oleh Plt. Gubernur Jawa Tengah, Bupati Banjarnegara, Kalak BPBD Provinsi Jawa Tengah, Kalak Kabupaten Banjarnegara, Dandim Banjarnegara, perwakilan DPRD Banjarnegara, Forkompimda, Camat dan Kepala Desa di daerah rawan bencana. Acara ini diselenggarakan karena sebagian besar Kabupaten Banjarnegara rawan bencana longsor dan masuk kedalam Kawasan Rawan Bencana G. Dieng. Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana pada kesempatan ini juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dan informasi dari PVMBG, Badan Geologi berkaitan dengan Peta Peringatan Dini Potensi Terjadi Gerakan Tanah setiap bulan, peta Kawasan Rawan Bencana G. Dieng dan pengiriman Tim dari PVMBG, Badan Geologi sangat bermanfaat bagi masyarakat dan BPBD Kabupaten Banjarnegara.

Harapannya, informasi peringatan dini, kajian laporan singkat pemeriksaan longsor dan kondisi terkini G. Dieng tersebut segera disikapi oleh BPBD Kabupaten Banjarnegara. Hal ini mengingat longsor baik skala kecil maupun besar merupakan bencana paling sering terjadi di Kabupaten Banjarnegara. Erupsi phreatik di Kawah Sileri yang akhir-akhir ini terjadi juga masuk kedalam Kabupaten Banjarnegara.

Narasumber dari PVMBG diwakili oleh Imam Santosa dari Bidang Mitigasi Gerakan Tanah yang memaparkan Identifikasi daerah rawan gerakan tanah/tanah longsor dan potensinya serta kondisi terkini G. Dieng. Sedangkan narasumber lainnya dari Gama Ina-Tek Wahyu Wilopo dengan paparan Peralatan Landslide Early Warning System serta materi prediksi cuaca 3 bulan kedepan oleh Adjie S. Dari BMKG.

 

banjarnegara sosialisasi