Tanggapan Kejadian Gempabumi Tanggal 19 April 2019, Di Tenggara Lombok Tengah, Ntb.

Lombok 200419

I. Informasi Gempa bumi

 Gempa bumi tersebut terjadi pada hari Jumat, tanggal 19 April 2019, pukul 19:29:14 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 11,67 °LS dan 116,29°BT, dengan magnituda 5,0 pada kedalaman 10 km, berada 329 km tenggara Lombok Tengah.

 

II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

 Secara geologi, daerah yang terkena gempa bumi tersusun oleh batuan vulkanik yang berumur Tersier, dan endapan aluvium yang berumur Kuarter. Guncangan gempa bumi juga akan dirasakan di daerah yang tersusun batuan sedimen Tersier dan Batuan berumur Pra-Tersier yang telah terlapukkan yang berada di sekitar daerah tersebut. Endapan yang bersifat lepas dan belum terkonsolidasi akan berpotensi memperkuat efek guncangan gempa bumi, sehingga rentan terhadap guncangan gempa bumi.

 

III. Penyebab gempa bumi

 Gempa bumi berpusat di lempeng samudera Indo-Australia, di luar zona subduksi atau disebut gempa bumi outer rise . Gempa bumi diperkirakan terjadi akibat reaktivasi sesar yang disebabkan oleh litosfer samudera yang mendekati zona subduksi dan menekuk ke dalam parit ( trench )laut dalam.

 

IV. Dampak gempabumi

 Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan dan korban yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun pusat gempabumi terletak di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu terjadinya tsunami.

 

V. Rekomendasi

  1. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
  2. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang biasanya energinya lebih kecil dari gempa bumi utama.