Midterm Review Satreps Project September 2016

Proyek SATREPS ( Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development) merupakan program Pemerintah Jepang dalam mempromosikan riset kerjasama internasional. Progam ini disusun sebagai kolaborasi JST dan JICA dengan riset dalam bidang:
1. Environment & Energy
2. Disaster Prevention and Mitigation
3. Bioresources
4. Infectious Diseases Control
Kerjasama SATREPS dengan Indonesia di bidang bencana gunungapi meliputi monitoring, perkiraan besarnya bencana, dan dampak produk erupsi (aliran massa: awan panas/lahar dan material jatuhan: bom vulkanik dan abu). Sehingga tema proyek ini adalah Multimodal Volcanic Disaster by Ejection Volcanic Product. Kerjasama berlangsung dari tahun 2014-2019 dengan enam gunungapi menjadi target kerjasama, yaitu: Guntur, Galunggung, Merapi, Kelud, Semeru, dan Sinabung. Kerja sama dibagi dalam lima grup dengan instansi yang terlibat dari Indonesia adalah:
1. Bidang Mitigasi Gunungapi/MGA dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian dan Bencana Geologi/BPPTKG, PVMBG, Badan Geologi, KESDM
2. Balai Sabo-Pusair, KemPUPR
3. Pusat Meteorologi Publik-BMKG
4. Teknik Sipil-UGM, KemDiknas.
Kerjasama tahun 2015-2016 dititikberatkan pada instalasi peralatan pemantauan seismik (Semeru, Kelud, Merapi, Guntur, dan Galunggung), deformasi (Sinabung, Guntur, Galunggung, Kelud, Semeru, dan Merapi), dan pemantau lahar/awan/hujan/abu: radar/penakar hujan/level air/fluxmeter/geophone/cctv (Merapi dan Kelud). Juga dilakukan instalasi hardware dan software untuk simulasi awan panas (Merapi dan Sinabung), abu (Kelud), dan Lahar (Semeru). Pekerjaan lain yang sudah dilakukan adalah survey geologi gunungapi (Sinabung, Merapi, dan Kelud). Pertemuan tanggal 19-20 September 2016 yang diadakan di Aula Badiklat KESDM Jl. Gatot Subroto Jakarta adalah _Joint Coordinating Committe_ (JCC) dengan agenda penandatanganan pelaporan kegiatan 2015-2016 dan _minute of meeting_ rencana kerja ke depan. Penandatangan dilakukan oleh KaPVMBG sebagai Project Leader dan Kabid MGA sebagai Project Manager dari pihak Indonesia.

satreps1

satreps2

satreps3