Penjajakan Kerjasama Badan Geologi (bg)-korea International Agency (koica) Di Bidang Kegunungapian

2016-12-07 at 09.19.02

Delegasi Korea Selatan sebanyak 6 orang dari berbagai lembaga pemerintah dan swasta yang tergabung dalam grup VDPRC (Preparedness Research Center) di bawah kordinasi KOICA (Korea International Cooperation Agency) berkunjung ke Badan Geologi pada Tanggal 29 November 2016, dan diterima oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) didampingi oleh Kabid Mitigasi Gunungapi, Kabid Mitigasi Gempa Bumi, Subbag Kepegawaian, dan Kabag Hukum Sekretariat BG.
Penjajagan kerjasama didahului dengan presentasi dari pihak BG dibawakan oleh PVMBG tentang potensi bencana gunungapi dan pelaksanaan mitigasinya di Indonesia. Kemudian dilanjutkan presentasi dari pihak KOICA yang dibawakan oleh VDPRC tentang teknologi SAR (Synthetic Aperture Radar) untuk pengadaan data digital topografi resolusi tinggi menggunakan satelit Korea Selatan, simulasi lahar, simulasi distribusi abu letusan di udara untuk keselamatan penerbangan, dan sistem pendukung pengambilan keputusan yang akan memudahkan BG dalam memberikan rekomendasi teknis.
Penyediaan data digital topografi (DEM/Data Elevation Model) resolusi tinggi 5 cm menggunakan alat SAR. Satelit mengambil data di titik yang sama di Indonesia setiap 2 minggu sekali.
Data yang diambil secara berulang sangat berguna:

  1. Untuk memantau pertumbuhan kubah lava, sehingga estimasi volume dpt dilakukan secara akurat dan area terdampak Awan Panas Guguran (APG) dapat diperkirakan lebih teliti.
  2. Area terdampak dan tebal endapan setiap letusan/erupsi dapat dipetakakan lebih teliti sehingga volume material hasil erupsi  terukur .
  3. Dapat digunakan mengukur deformasi di tubuh gunungapi, jadi berguna untuk monitoring kegiatan gunungapi.

Kerjasama ini penting dalam rangka meningkatkan kemampuan staf ahli di PVMBG dalam memitigasi bencana gunungapi, baik dari aspek monitoring, pengolahan data (image processing) dan peringatan dini utk penerbangan.
Pihak Korea menawarkan peluang utk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia PVMBG, dengan pengiriman staf ahli ke Korea untuk technical training.
Pada prinsipnya PVMBG-BG setuju untuk menjajagi kerjasama yang ditawarkan oleh VDPRC-KOICA dan secara administrasi  akan segera ditindalanjuti berupa pembuatan konsep MOU oleh kedua belah pihak.

2016-12-07 at 09.19.15