Temu Wicara Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Dengan Pengamat Gunungapi Indonesia

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan, Minggu 11 Juni 2017 bertatap muka dengan Pengamat Gunungapi dari seluruh Pos Pengamatan Gunungapi di Indonesia, pelaksanaan Temu Wicara diadakan di Pos Pengamatan Gunungapi Merapi – Yogyakarta.Pengamat yang hadir merupakan Ketua-Ketua Pos Pengamatan dan berjumlah 40 orang, Pengamat yang hadir adalah perwakilan dari Gunungapi yang berstatus AWAS, WASPADA dan SIAGA.

Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang kebencanaan menuntut jajaran Pusat Vulkanologi dan Mitigasi  Bencana Geologi (PVMBG) selaku salah satu  instansi pemerintah yang menangani mitigasi bencana geologi dan gunungapi untuk bekerja secara professional ditambah dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan hak-haknya, sehingga jika PVMBG  tidak dapat melaksanakan kewajibannya selaku abdi masyarakat sebagaimana mestinya, maka masyarakat dapat mengajukan gugatan

Temu wicara ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peranan Pengamat Gunungapi sebagai ujung tombak Pelayanan Informasi Gunungapi kepada masyarakat, juga untuk mempertemukan pengamat gunungapi seindonesia serta antar pengamat dengan para nara sumber yang kompeten dalam bidang teknis mitigasi dan komunikasi, juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan antar pengamat gunungapi hingga terbentuk rasa kebersamaan yang pada akhirnya membentuk sinergi atau kesatuan yang baik dalam melayani masyarakat atau “stake  holder” dalam hal mitigasi bencana gunungapi.

Temu Wicara Pengamat dengan Menteri ESDM, merupakan rangkaian acara temu wicara yang setiap tahun diselenggarakan oleh PVMBG, dan tahun ini temu wicara telah berjalan 11 kali, rangkaian acara dimulai oleh Pertemuan Pengamat dengan Kepala Pusat PVMBG.

 

temu-1

Pertemuan Pengamat Gunungapi dengan Kepala Pusat PVMBG


Siang hari dilanjutkan dengan Temu Wicara Pengamat dengan Menteri ESDM yang diselenggarakan di Pos Pengamatan Merapi Kaliurang - D.I. Yogyakarta, dalam acara ini juga dihadiri oleh Anggota DPR-RI Komisi VII Agus Sulistiyono, Ketua BPH Migas M. Fanshurullah Asa, Kepala Badan Geologi Ego Syahrial, Kepala Pusat PVMBG Kasbani, dan para pejabat struktural di lingkungan Badan Geologi.

 

temu-2

 

Menteri ESDM Ignasius Jonan, Kepala Badan Geologi Ego Syahrial dan Anggota Komisi VII DPR-RI Agus Sulistiyono,

memberi  sambutan dalam Temu Wicara Pengamat Gunungapi dengan Menteri ESDM dan disertai penyerahan Momento dari Kepala Badan Geologi

 

 

temu-3

Perwakilan Pengamat Gunungapi, mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada Menteri ESDM

 

temu-4

Foto Bersama Menteri ESDM Iganisius Jonan dengan Pengamat Gunungapi 

 

Yana Karyana

humas_PVMBG