Kegiatan Konferensi Pers Letusan G. Agung - Bali

konferensi pers agung (1)

 

Bertempat di Ruang Monitoring PVMBG Jl. Diponegoro No. 57 Bandung  Jumat 12 Januari 2018, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengadakan konferensi pers berkaitan dengan Erupsi Gunung Agung 11 Januari 2018 17:54 WITA, konferensi pers dilakukan oleh Ka. Pusat PVMBG Ir. Kasbani, M.Sc. didamping oleh Dr. Antonius Ratdomopurbo  Sekretaris Badan Geologi dan Ir. Kristianto, M.Si Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunungapi Wilayah Barat.

Gunung Agung dengan ketinggian 3142 meter dpl yang terletak di Kabupaten Karangasem, pada hari Kamis 11 Januari 2017 kembali mengalami erupsi pada pukul 17:54 WITA dengan amplitudo maksimum 27 mm (overscale) dan durasi 130 detik. Kolom erupsi abu teramati mencapai ketinggian sekitar 2500 meter di atas puncak. Selain di sekitar area puncak, abu vulkanik tersebar utamanya ke arah Utara dan Timurlaut mengikuti arah angin. Sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP) dalam upaya peningkatan keselamatan perhubungan udara maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengeluarkan VONA (Volcano Observatory Notice for Aviation) dengan kode warna ORANGE.

Dalam sambutannya Kepala Pusat PVMBG diantaranya mengatakan, "Peralatan pemantauan G. Agung masih dalam kondisi baik, yang perlu diwaspadai diantaranya adalah kewaspadaan terjadinya lahar hujan sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Agung, ", dan dalam kesempatan ini juga Kepala Pusat PVMBG mengatakan bahwa "Pemantauan G. Agung tetap dilakukan 24 jam tujuh hari seminggu tidak ada istirahat dan tidak ada yang perlu terganggu dengan adanya letusan ini, tim tanggap darurat dan tenaga-tenaga ahli masih tetap berjaga di Pos Pengamatan G. Agung", selanjutnya Kepala Pusat PVMBG "Meminta masyarakat untuk hati-hati terhadap abu letusan dan selalu menggunakan masker bilamana beraktifitas di luar, juga Masyarakat maupun pengunjung/wisatawan diharapkan untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu dan/atau berita bohong (hoax) mengenai erupsi Gunung Agung yang tidak jelas sumbernya. PVMBG secara profesional terus memantau aktivitas Gunung Agung dengan multi-metoda secara menerus 24 jam setiap hari untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat berupa peringatan dini dan selalu menempatkan keselamatan jiwa manusia sebagai prioritas utama".

 

konferensi pers agung (2)

 

 

Yana Karyana

HUMAS_PVMBG