Simulasi Kebencanaan Geologi Gunungapi Iya, Nusa Tenggara Timur

Pada tanggal 28 – 29 Oktober 2015, PVMBG bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Ende mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat Ende dalam menghadapi bahaya erupsi Gunungapi Iya, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat yang dilakukan berupa simulasi kebencanaan geologi Gunungapi Iya yang bertempat di Hotel Flores Mandiri, Ende. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi mengenai pengantar rencana kontinjensi, kebijakan dan strategi, profil dan peta KRB Gunungapi Iya, manajemen kedaruratan, perencanaan dan koordinasi, serta sistem komando tanggap darurat. Setelah itu dilanjutkan dengan simulasi ketika terjadi tanggap darurat bencana.

 

Simulasi yang dilaksanakan merupakan simulasi urutan alur komando dalam penanggulangan bencana gunungapi Iya. Simulasi dilakukan di dalam ruangan dengan menunjuk beberapa peserta untuk memerankan pemangku kepentingan dalam kegiatan penanggulangan bencana, yaitu Pengamat Gunungapi, Kepala PVMBG, Ketua BPBD, Komandan Tanggap Darurat, serta perwakilan dari sektor Manajemen dan Posko, sektor SAR, Evakuasi dan Keamanan, sektor Sarana dan Prasarana, sektor Kesehatan, dan sektor Sosial Ekonomi.

 

Dalam simulasi ini sudah terlihat adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dari instansi-instansi terkait. Dengan diadakannya simulasi ini diharapkan koordinasi antar instansi-instansi yang terkait dalam penanggulangan bencana Gunungapi Iya berjalan semakin baik.

 

Simulasi IYA 1

Simulasi IYA 2

Penyampaian materi pengantar rencana kontinjensi, kebijakan dan strategi, profil dan peta KRB Gunungapi Iya,

manajemen kedaruratan, perencanaan dan koordinasi, serta sistem komando tanggap darurat.

 

Simulasi IYA 3

Simulasi IYA 4

Pengarahan proses simulasi kebencanaan geologi Gunungapi Iya (atas) dan

peserta yang memerankan simulasi kebencanaan geologi Gunungapi Iya (bawah).

 

Simulasi IYA 5

Suasana simulasi koordinasi sektor-sektor dalam ICS.