Jurnal Laporan Mingguan Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi Periode 19-25 November 2018

Logo_ESDM_Remake_FINAL-2

 

1. Aktivitas Gunungapi

(1). Aktivitas G. Sinabung 

Selama seminggu ini tidak teramati adanya erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual umumnya gunung cerah, tertutup kabut, dan hujan. Asap kawah teramati berwarna putih tipis mencapai ketinggian 200 m diatas puncak. Seismograf merekam 7 kali Gempa Hembusan, 4 kali Gempa Tornillo, 2 kali Gempa Low Frequency, 2 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 10 kali Gempa Tektonik Jauh.

(2). Aktivitas G. Agung : 

 Pada minggu ini tidak teramati adanya erupsi baik efusif maupun eksplosif. Secara visual  teramati asap kawah berwarna putih tipis tekanan lemah mencapai ketinggian 50 m di atas puncak. Seismograf merekammerekam 3 kali Gempa Hembusan, 4 kali gempa Vulkanik Dangkal, 1 kali Gempa Vulkanik Dalam, 2 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 30 kali Gempa Tektonik Jauh. 

(3). Aktivitas G. Merapi : 

Pada minggu ini tidak tercatat adanya erupsi letusan tetapi erupsi efusif berupa pertumbuhan kubah lava dalam laju rendah masih berlangsung. Volume kubah lava hingga Tanggal 22 November 2018 sebesar 308.000 m3 dengan pertumbuhan rata2 sebesar 2.400 m3/hari. Posisi kubah lava masih stabil, tetapi sudah terjadi guguran-guguran kecil. Guguran terjadi baik ke arah baratlaut maupun ke arah tenggara (Kali Gendol). Secara visual pada umumnya pagi dan malam hari teramati cerah sedangkan siang dan sore teramati kabut dan hujan. Tidak terjadi lahar. Asap kawah teramati berwarna putih intensitas tipis hingga tebal mencapai ketinggian 125 m di atas puncak kawah. Pengukuran gas SO2 rata2 sebesar 80,50 ton/hari. Seismograf merekam 261 kali Gempa Guguran, 28 kali Gempa Hembusan, 21 kali Gempa LF, 2 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 2 kali Gempa Hibrid, dan 4 kali Gempa Tektonik Jauh.  

(4). Aktivitas G. Anak Krakatau : 

Pada minggu ini masih berlangsung erupsi eksplosif tipe vulkanian  yang teramati pada malam hari berupa sinar api dan  lontaran material pijar ke segala  arah mencapai ketinggian 200 m dari puncak. Erupsi disertai aliran lava sepanjang lereng selatan menuju ke laut. Letusan juga disertai suara dentuman lemah sampai kuat yang terdengar di Pos  PGA di Pasauran-Banten. Pada siang hari gunung sering tertutup kabut, walaupun begitu kolom abu letusan hitam tebal sempat teramati mencapai ketinggian maksimum 300 m dari puncak. Seismograf merekam 563 kali Gempa Letusan, 3 kali Gempa Hembusan, 81 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 46 kali Gempa Vulkanik Dalam, 45 kali Gempa Harmonik, dan tremor menerus dengan amplitudo 2-58 mm.

(5). Aktivitas G. Soputan : 

Secara visual cuaca cerah hingga kabut. Pada minggu ini tidak terjadi erupsi letusan dan hanya teramati hembusan asap kawah berwarna putih intensitas tipis hingga tebal tekanan lemah mencapai ketinggian maksimum 150 m di atas puncak. Seismograf merekam 242 kali Gempa Guguran, 31 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 2 kali Gempa Vulkanik Dalam, 3 kali Gempa Tektonik Lokal, dan 21 kali Gempa Tektonik Jauh.

2. Kegiatan Tanggap Darurat dan Pasca Bencana.

  1. Pengiriman Tim Tanggap Darurat (TD) Erupsi G. Agung dan G. Sinabung.

3. Kegiatan Survey/Pemetaan.

  1. Instalasi peralatan pemantauan Gunungapi Wurlali, Maluku.

4. Kegiatan Lain.

  1. Mengikuti kegiatan The 3rd field camp of Asian Consortium of Volcanology di Hotel Harver, Yogyakarta, 19-22 November 2018, yg dihadiri peserta dari Jepang, China, Taiwan, Singapura, dan Korea Selatan, serta PVMBG.
  2. Menerima kunjungan dan wawancara Tim Kementerian PAN-RB ke PVMBG berkaitan pemilihan ASN teladan, Tanggal 23 November 2018.
  3. Menjadi narasumber potensi dan mitigasi bencana G. Bromo pada acara "Gathering DPC HPI Se-Jatim" di Hotel Tampiarto, Kota Probolinggo, Tanggal 21 November 2018.
  4. Tanggal 19/11/18, memberikan sosialisasi pada masyarakat Desa Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Sleman
  5. Tanggal 19/11/18, memberikan sosialisasi pada masyarakat Desa Ngargomulyo, di 4 dusun yaitu Dsn. Sabrang, Kembang, Batur ngisor dan Dsn. Bojong, Kec. Dukun, Magelang.
  6. Tanggal 20/11/18, menerima kunjungan FPRB Desa Tegalrandu, Kec Srumbung, Magelang.
  7. Tanggal 20/11/18, menghadiri rapat koordinasi di Balai Taman Nadional G. Merapi.
  8. Tanggal 21/11/18, mengadakan sosialisasi pada masyarakat Desa Krinjing, Kec Dukun, Magelang.
  9. Tanggal 21/11/18, menerima kunjungan dari Program Magister Universitas Pakuan, Bogor ke BPPTKG Yogyakarta.
  10. Tanggal 22/11/18, mengadakan sosialisasi pada masyarakat Desa Sewukan, Kec. Dukun, Magelang.
  11. Tanggal 22/11/18, menerima kunjungan peserta Asia Consorvium of Volcanology ke BPPTKG Yogyakarta.
  12. Tanggal 23/11/18, memberikan sosialisasi pada masyarakat Desa Dukun, Kec Dukun, Magelang.
  13. Tanggal 23/11/18 menerima kunjungan dari Jurusan Geofisika, UGM.
  14. Tanggal 23/11/18 mengadakan sosialisasi pada masyarakat Desa Mranggen, Kec Srumbung, Sleman.
  15. Menghadiri rapat pembahasan peta zona rawan bencana kota Palu dsk di BMKG (21 November 2018).
  16. Menghadiri rapat pra-ratas membahas raperpres berkaitan Pemanfaatan Informasi Bencana Geologi untuk pemgembangan wilayah di SETKAB  (21 November 2018).
  17. Menghadiri rapat koordinasi tindak lanjut pembahasan laporan kemajuan kegiatan pasca bencana Palu di Bappenas (21 November 2018).
  18. Menjadi narasumber dalam Diskusi Aspek Sumber Daya Air dan Kebencanaan untuk penataan kawasan KEK/KI Bitung, Morotai, Morowali, MBTK, Bantaeng, dan Sei Mangkei. Dirjen Tata Ruang, KemenATR (22 November 2018).
  19. Menghadiri rapat pembahasan peta zona ruang rawan bencana pasca kejadian bencana di Prov. Sulteng (22 November 2018).
  20. Memberikan Layanan Mitigasi Pasca Bencana Gerakan  Tanah dan Semburan Gas permintaan BPBD Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi NTT.
  21. Mengirim Tim Pasca Bencana Gerakan Tanah ke Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat.
  22. Memberikan Layanan informasi kewaspadaan ancaman gerakan tanah Bulan November 2018 melalui media elektronik, Kompas biro pusat, CNN, dan Kompas dari biro Jawa Barat.
  23. Ikut hadir sebagai salah satu anggota  Tim Badan Geologi yang dipimpin oleh Kapus PAG  pada undangan rapat di Bapenas untuk Pembahasan Finalisasi Penyiapan Peta Bahaya Daerah Palu dan sekitarnya.
  24. Menjadi narasumber dalam acara sosialisasi mitigasi gerakan tanah di wilayah perhutani atas undangan Perum Perhutani di Pusat Pelatihan Madiun, Jawa Timur.
  25. Menerima tamu dari Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tasikmalaya untuk Layanan konsultasi  informasi mitigasi gerakan tanah bagi keperluan Rencana Pembangunan Kota Tasikmalaya.
  26. Penyusunan Laporan  dan Rekomendasinya terkait kejadian gerakan tanah di Kabupaten Tasikmalaya, Cianjur, Wonogiri, Purworejo, Lombok, Bandung, Bandung Barat.